AHMAD ISRO'IL, M.Pd.

PROFIL BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Pengajaran matematika di sekolah lebih berorientasi padangan “matematika sebagai produk berpikir” dan kurang memberi perhatian proses berpikir siswa. Lebih lanjut Marpaung (1999) menjelaskan bahwa tugas pokok pengajaran matematika di sekolah adalah mengetahui proses berpikir siswa dalam mempelajari matematika dan bagaimana pengetahuan matematika itu diinterpretasikan dalam pikiran. Proses berpikir  siswa dalam melakukan interpretasi terhadap informasi yang diterimanya, dapat dilihat melalui pengamatan terhadap tingkah laku siswa tersebut ketika sedang belajar matematika.

Mayer (1983) mengemukakan bahwa Berpikir adalah aktivitas kognitif yang terjadi dalam pikiran atau mental seseorang, tidak terlihat tetapi dapat disimpulkan berdasarkan perilaku yang diamati. Sedangkan Santrock (2008) mengatakan berpikir melibatkan manipulasi dan transformasi informasi dalam memori. Dari kutipan tersebut berpikir adalah aktivitas memproses informasi yang diterima oleh memori. Sehingga berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa berpikir adalah aktivitas mental yang terjadi dalam pikiran siswa untuk memproses informasi yang diterima dan dapat diamati pada perilaku yang nampak.

Slavin (2006) mengungkapkan arti teori pemrosesan informasi sebagai teori kognitif yang menggambarkan proses, penyimpanan, dan pemanggilan kembali dari pikiran manusia.

SELENGKAPNYA UNDUH